PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) BERDASARKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FAKTA FISIKA

Hikhmah, NIM.: 06690033 (2011) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) BERDASARKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FAKTA FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) BERDASARKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FAKTA FISIKA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) BERDASARKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FAKTA FISIKA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR··.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar dalam menyelesaikan soal cerita, dapat diterapkan dengan model pembelajaran problem solving dan kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition, sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika dengan model pembelajaran problem solving dan kooperatif tipe CIRC dan mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving dan kooperatif tipe CIRC berdasarkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dan lembar observasi untuk mengetahui persentase aktivitas siswa selama pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika pada kelas problem solving dan kooperatif CIRC, dengan thitung= 5,32 lebih besar daripada ttabel= 2,02 dan selisih nilai rata-rata sebesar 6,31 dan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih efektif dibanding model pembelajaran problem solving dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika berdasarkan persentase rata-rata aktifitas siswa dengan hasil bahwa pada model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sebesar 65,22% lebih tinggi daripada model pembelajaran problem solving sebesar 57,96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si dan Mohammad Pribadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, CIRC, Soal Cerita Fakta Fisika
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:23
Last Modified: 14 Mar 2023 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum