PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Erna Maiyanti Warnis, NIM.: 06690034 (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (2) perbedaan penguasaan konsep fisika pada penerapan metode student facilitator and explaining dan cooperative script (3) ada atau tidaknya hubungan antara penggunaan metode student facilitator and explaining dan cooperative script dengan aktivitas belajar siswa terhadap penguasaan konsep fisika (4) apakah motivasi belajar memberikan sumbangan terhadap penguasaan konsep fisika. Desain penelitian ini berupa factorial design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dan didapatkan kelas XA dan XF sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal tes, lembar observasi, dan lembar angket. Analisis data menggunakan anava multifaktor, regresi linear, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan rendah dengan nilai signifikansi 5,46 lebih besar dari 4,03 (2) terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang diberikan metode pembelajaran student facilitator and explaining dan cooperative script dengan nilai signifikansi 36,47 lebih besar dari 4,03 (3) tidak terdapat interaksi antara metode yang digunakan dengan aktivitas belajar siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa dengan nilai signifikansi - 2,72 kurang dari 4,03 (4) motivasi memberikan sumbangan terhadap penguasaan konsep fisika. Siswa yang diajar dengan metode pembelajaran student facilitator and explaining memberikan sumbangan sebesar 47,89% dan motivasi siswa yang diajar dengan metode cooperative script memberikan sumbangan sebesar 15,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining, Cooperative Script, Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:28
Last Modified: 14 Mar 2023 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum