EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DILENGKAPI TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 11 YOGYAKARTA

Dhevi Nur Aini, NIM.: 07600012 (2011) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DILENGKAPI TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 11 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DILENGKAPI TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 11 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DILENGKAPI TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 11 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran two stay two stray dilengkapi time token lebih efektif terhadap keaktifan siswa daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran two stay two stray dilengkapi time token lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian Posttest-Only-Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan metode pembelajaran two stay two stray dilengkapi time token, variabel terikat berupa keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 135 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan subjek kelas, setelah dilakukan uji non parametrik yaitu uji mann whitney maka diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran two stay two stray dilengkapi time token lebih efektif terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif siswa dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian menggunakan uji-t diperoleh bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran two stay two stray dilengkapi time token lebih efektif terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif siswa dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Wakhid Musthofa, M.Si dan Suparni, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Time Token, Keaktifan, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:31
Last Modified: 14 Mar 2023 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum