EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT ) DILENGKAPI DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Febriya Lisnawati, NIM.: 07600014 (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT ) DILENGKAPI DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT ) DILENGKAPI DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT ) DILENGKAPI DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR··.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan aktivitas belajar matematika siswa. (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian kuasi eksperimen kelompok kontrol non ekuivalen (The Non Equivalent Control Group Design). Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing, variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Piyungan sebanyak 157 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor gain. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada metode ceramah terhadap aktivitas belajar matematika siswa. (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan model pembelajaran kancing gemerincing tidak lebih efektif daripada metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mochammad Abrori, S.Si.,M.Kom dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si.,M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Kancing Gemerincing, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:33
Last Modified: 14 Mar 2023 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum