PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMA/MA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN DUA VARIABEL

Fardian Imam Muttaqin, NIM.: 07600021 (2011) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMA/MA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN DUA VARIABEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMA/MA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN DUA VARIABEL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMA/MA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN DUA VARIABEL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar matematika pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear dengan Dua Variabel bagi siswa kelas X SMA/MA dengan format video. Pembuatan media video sebagai sumber belajar mempertimbangkan masukan dari ahli materi, ahli media, dan 12 orang peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kualitas media ditentukan berdasarkan pengujian pada kelas dengan banyak siswa 27 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan ini dimulai dengan cara analisis Standar Isi dilanjutkan dengan pengumpulan referensi tentang media kemudian penyusunan naskah video. Naskah video yang telah dibuat lalu dikonsultasikan kepada dosen pembimbing agar mendapatkan masukan selanjutnya. Masukan selanjutnya digunakan untuk merevisi naskah video. Hasil revisi tersebut digunakan untuk memproduksi video. Video yang telah diproduksi tersebut disaksikan oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kelas kecil untuk mendapatkan masukan. Setelah itu, video diujikan pada kelas besar. Media video ini memuat Materi Pokok Sistem Persamaan Linear dengan Dua Variabel pada siswa kelas X. Tema cerita dalam video ini berisi tentang beberapa anak yang terlibat masalah dalam penghitungan harga alat tulis. Salah seorang anak kemudian menyelesaikan permasalahan ini dengan menggunakan metode penyelesaian eliminasi, substitusi, campuran eliminasi-substitusi, dan grafik. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan media video sebagai sumber belajar matematika yang mempunyai kualitas Baik (43,33 <  ≤ 52) pada uji kelas besar dengan skor  = 50,56 sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Estina Ekawati, M.Pd. dan Syariful Fahmi, S.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Video, Sumber Belajar, Sistem Persamaan Linear dengan Dua Variabel
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:37
Last Modified: 14 Mar 2023 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum