EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DILENGKAPI DENGAN DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI MTS RAUDLATUT THOLIBIN PAKIS TAYU PATI)

Naily Faizatin, NIM.: 07600064 (2011) EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DILENGKAPI DENGAN DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI MTS RAUDLATUT THOLIBIN PAKIS TAYU PATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DILENGKAPI DENGAN DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI MTS RAUDLATUT THOLIBIN PAKIS TAYU PATI))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DILENGKAPI DENGAN DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI MTS RAUDLATUT THOLIBIN PAKIS TAYU PATI))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR··.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap pemahaman konsep matematika siswa (2) mengetahui apakah pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Berdasarkan pengambilan sampelnya, penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis dan sampelnya yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan: soal posttest, angket dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa posttest, angket dan lembar observasi yang divalidasi isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t karena banyaknya sampel pada kelas kontrol dan eksperimen masing-masing berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan hasil dari skor posttest pemahaman konsep didapatkan nilai sebesar = 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan hasil dari skor posttest kemampuan berpikir kreatif didapatkan nilai sebesar = 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak. Adapun hasil angket didapatkan nilai sebesar = 0,0235 < 0,05, artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Wakhid Musthofa, M.Si dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Open-ended, Drill, Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:51
Last Modified: 14 Mar 2023 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum