KESESUAIAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA

Joni Agustiyono, NIM.: 05460026 (2010) KESESUAIAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
06600032 BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
06600032 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurang tepatnya pemilihan gaya mengajar guru dapat membosankan siswa, hal ini bisa diatasi dengan menyesuaikan gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa, serta untuk mengungkapkan pengaruh dari kesesuaian tersebut dalam meningkatkan minat belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pengambilan data secara langsung dari sampel. Metode pengambilan data dengan menggunakan angket dan observasi. Metode analisa data menggunakan analisis diskriptif yaitu dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang dipersentase sebelumnya. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah sekolah yang ada di Yogyakarta yaitu SMA Muhammadiyah 5, SMA PIRI 1, MA Muallimin Muhammadiyah dan SMA IT Abu Bakar. Subjek dari penelitian ini adalah guru, siswa dan proses pembelajaran. Hasil analisa kesesuaian gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa dalam meningkatkan minat belajar fisika mengungkap beberapa hal terkait dengan tujuan penelitian. Penelitian memberikan gambaran bahwa guru memiliki gaya mengajar yang variatif namun guru mempunyai satu kategori gaya mengajar yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 guru yang menjadi responden, rata-rata skor untuk masing-masing kategori gaya mengajar yang dimiliki oleh guru adalah kategori Visual 67%, kategori Auditorial 70% dan kategori Kinestetik 76%. Gaya belajar siswa menginformasikan, terdapat gaya belajar yang mendominasi kebanyakan siswa yaitu gaya belajar visual dengan rata-rata persentase 53,8%. Berdasarkan hasil observasi, guru sudah berusaha menyamakan gaya mengajarnya dengan gaya belajar siswa. Hal ini terlihat dari bagaimana guru mensiasati pembelajaran agar berjalan dengan efektif dan lancar. Sekitar 85,6% keseluruhan responden menyatakan berminat terhadap pembelajaran, jadi antara gaya mengajar dan gaya belajar yang sesuai dapat meningkatkan minat belajar dan bahkan memberikan rasa puas, 69,0% menyatakan puas terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Pertemuan gaya mengajar dengan gaya belajar yang sesuai dapat memberikan nilai prestasi yang bagus. Rata-rata nilai siswa pada setiap gaya mengajar kaitannya dengan gaya belajar menunjukkan bahwa gaya mengajar Visual rata-rata nilai siswa gaya belajar kategori Visual sebesar 78,90, gaya mengajar kategori Auditorial rata-rata nilai prestasi siswa gaya belajar kategori Auditorial sebesar 64,15 dan gaya mengajar kategori Kinestetik rata-rata nilai prestasi siswa gaya belajar kategori kategori Kinestetik sebesar 77,50.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si
Uncontrolled Keywords: kepuasan siswa; gaya mengajar; gaya belajar; minat belajar
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2023 11:09
Last Modified: 14 Mar 2023 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum