EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PHYSICAL SELF - ASSESSMENT TERHADAP PRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

Rahayu Aristianti, NIM.: 06680019 (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PHYSICAL SELF - ASSESSMENT TERHADAP PRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PHYSICAL SELF - ASSESSMENT TERHADAP PRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
06680019 BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PHYSICAL SELF - ASSESSMENT TERHADAP PRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
06680019 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran berbasis physical self-assessment dengan model pembelajaran konvensional di kelas X SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komponen Abiotik dan Komponen Biotik Ekosistem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasieksperimental). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pretest and posttest control group design. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta yang terdiri dari dua kelas, sampel diambil dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak dua kelas yaitu kelas XA (sebagai kelas kontrol) dan kelas XB (sebagai kelas eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretest dan posttest, serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data untuk soal tes dan data untuk lembar observasi menggunakan uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil uji-t untuk prestasi belajar siswa menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran berbasis physical self-assessment dengan model pembelajaran konvensional di kelas X SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta terhadap prestasi belajar siswa pada materi Komponen Abiotik dan Komponen Biotik Ekosistem. Hasil uji-t untuk kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05. Hasil uji-t untuk kemampuan berpikir kritis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran berbasis physical self-assessment dengan model pembelajaran konvensional di kelas X SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Komponen Abiotik dan Komponen Biotik Ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M. Si
Uncontrolled Keywords: physical self-assessment; prestasi, berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2023 14:03
Last Modified: 14 Mar 2023 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum