SINTESIS SENYAWA 1,4-BIS [(2-HIDROKSI-3-METOKSI-5-METANALFENIL)- METIL] PIPERAZIN DARI VANILIN DENGAN VARIASI PELARUT

Andika Fajar Setiawan, NIM.: 07630040 (2011) SINTESIS SENYAWA 1,4-BIS [(2-HIDROKSI-3-METOKSI-5-METANALFENIL)- METIL] PIPERAZIN DARI VANILIN DENGAN VARIASI PELARUT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINTESIS SENYAWA 1,4-BIS [(2-HIDROKSI-3-METOKSI-5-METANALFENIL)- METIL] PIPERAZIN DARI VANILIN DENGAN VARIASI PELARUT)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS SENYAWA 1,4-BIS [(2-HIDROKSI-3-METOKSI-5-METANALFENIL)- METIL] PIPERAZIN DARI VANILIN DENGAN VARIASI PELARUT)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Vanilin merupakan senyawa yang secara umum telah digunakan oleh masyarakat sebagai perasa dan pemberi aroma pada makanan terlebih lagi ketersediannya dalam jumlah besar dan harganya yang relatif murah menjadikan vanilin sangat baik untuk dijadikan bahan dasar dalam sintesis. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis senyawa berbahan dasar vanilin yang diharapkan dapat meningkatkan nilai guna dari vanilin. Salah satu faktor penentu keberhasilan sintesis tersebut adalah pengaruh pelarut yang digunakan sehingga dalam penelitian ini juga dilakukan variasi pelarut untuk memperoleh rendemen yang tinggi. Senyawa yang disintesis dalam penelitian ini adalah 1,4-bis [(2-hidroksi-3- metoksi-5-metanal-fenil)-metil] piperazin. Sintesis senyawa tersebut dilakukan melalui reaksi Mannich dengan bahan dasar vanilin, paraformaldehid, dan piperazin. Pelarut yang digunakan adalah benzena, benzena kering, dan etanol. Produk hasil sintesis direkristalisasi dengan pelarut kloroform-metanol. Produk hasil sintesis berupa padatan putih dengan titik lebur 245-2470C. Dengan pelarut benzena dihasilkan produk dengan rendemen 48,1127 %, pelarut benzena kering dengan rendemen 67,4879 %, dan pelarut etanol dengan rendeman 19,6006 %. Produk hasil sintesis dianalisis dengan spektrofotometer inframerah dan spektrometer 1H-NMR. Hasil tersebut menunjukkan bahwa senyawa hasil sintesis merupakan senyawa 1,4-bis [(2-hidroksi-3-metoksi-5-metanal-fenil)-metil] piperazin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Susy Yunita P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Vanilin, 1,4-Bis [(2-Hidroksi-3-Metoksi-5-Metanal-Fenil)-Metil] Piperazin, Reaksi Mannich, Benzena Kering, Etanol, Benzena
Subjects: Kimia > Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:25
Last Modified: 15 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum