UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( Student Teams Achievement Division )

Siti Muslimah, NIM.: 05430008 (2022) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( Student Teams Achievement Division ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS WAHID HASYIM SLEMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ))
05430008 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS WAHID HASYIM SLEMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ))
05430008 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa di MTs Wahid Hasyim Sleman, khususnya kelas VIII dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 27 siswa. Obyek penelitian ini adalah proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket, tes, lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, display data, triangulasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Diantara tahapan dalam STAD yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa adalah adanya pemberian penghargaan dan tahapan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah adanya pembentukan kelompok. Peningkatan ini ditunjukkan dari hasil analisis angket motivasi belajar matematika siswa pada pratindakan diperoleh persentase sebesar 11,11%, pada siklus I sebesar 40,74 % dan siklus II sebesar 62,96%. Sedangkan dari tes kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh persentase pada pratindakan sebesar 28 %, pada siklus I sebesar 48,15% dan pada siklus II sebesar 77,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sugiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif; motivasi belajar; komunikasi matematika; STAD
Subjects: Psikologi > Motivasi
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:45
Last Modified: 15 Mar 2023 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum