UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS X MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Siti Zubaedah, NIM.: 05430014 (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS X MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS X MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
05430014 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS X MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
05430014 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode discovery learning dalam pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa kelas X MAN Kebumen 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.5 MAN Kebumen 2 yang berjumlah 44 orang. Obyek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan metode discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang terwujud dalam 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi kemandirian dan kreativitas siswa, lembar angket sikap siswa, dan wawancara tidak terstruktur kepada siswa dengan data tambahan berupa catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen dapat digunakan dalam penelitian setelah divalidasi terlebih dahulu. Uji validitas instrumen tersebut dilakukan dengan meminta pendapat dan nasihat kepada pakar (expert judgment), yaitu kepada dua dosen lain yang berpengalaman di bidang penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode discovery learning yang dilakukan melalui kegiatan pemberian rangsang dan perumusan tujuan pembelajaran; kegiatan investigasi berupa pengumpulan dan pemprosesan data oleh siswa untuk menemukan suatu konsep; refleksi dan pemberian tugas ternyata dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa. Pada langkah-langkah metode ini, upaya meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa difokuskan pada saat kegiatan investigasi. Persentase hasil lembar observasi kemandirian siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II. Persentase dari pratindakan sebesar 50%, pada siklus satu sebesar 57% dan pada siklus II sebesar 73%. Dari analisis angket didapat hasil persentase kemandirian siswa yang dilihat dari semua indikator kemandirian mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 70%. Kreativitas siswa yang dapat dilihat dari semua indikator kreativitas juga mengalami peningkatan. Pada hasil lembar observasi kreativitas, persentase pratindakan sebesar 47%, pada siklus I menjadi 53%, dan pada siklus II menjadi 70%. Hasil angket mengalami peningkatan dari siklus satu sebesar 57% menjadi 62% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rosnawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: metode mengajar; metode discovery learning; kemandirian belajar; kreativitas
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:36
Last Modified: 15 Mar 2023 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum