PENGARUH INQUIRY DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)

Wida Nurul ‘Azizah, NIM.: 07670004 (2011) PENGARUH INQUIRY DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INQUIRY DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INQUIRY DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banguntapan ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar menggunakan metode inquiry discovery (kelas eksperimen) terdapat peningkatan dibandingkan dengan prestasi belajar peserta didik menggunakan metode demonstrasi (kelas kontrol), dan untuk mengetahui apakah keaktifan peserta didik dengan menggunakan inquiry discovery (kelas eksperimen) lebih tinggi keaktifannya dibandingkan dengan keaktifan peserta didik menggunakan metode demonstrasi (kelas kontrol). Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment (eksperimen semu). Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kimia dengan menggunakan metode inquiry discovery pada kelas ekperimen dan metode demonstrasi pada kelas kontrol, variable terikat berupa prestasi belajar (aspek kognitif) dan keaktifan peserta didik, dan variabel kontrol berupa pengetahuan awal kimia peserta didik yaitu nilai kimia kelas X semester 1. Berdasarkan pengambilan sampelnya, penelitian ini merupakan penelitian cluster random sampling, artinya sampel penelitian diambil dua kelas secara acak yang dijadikan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan: tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa soal berantai dengan menggunakan aspek kognitif, dan angket keaktifan peserta didik yang divalidasi secara isi, kontruk, dan empiris. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji-t satu ekor (one-tailed t-test). Hasil penelitian ini adalah: Pertama, peningkatan prestasi belajar kimia kelas eksperimen (metode inquiry discovery) lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar kimia kelas kontrol (metode demonstrasi); kedua, keaktifan peserta didik kelas eksperimen (metode inquiry discovery) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (metode demonstrasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Panji Hidayat, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Inquiry Discovery, Prestasi Belajar, Keaktifan Peserta Didik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:21
Last Modified: 15 Mar 2023 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57153

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum