PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI BUKU CATATAN BERBASIS KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM DAN STRUKTUR ATOM

Rischa Mahmudhi Haris, NIM.: 07670007 (2011) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI BUKU CATATAN BERBASIS KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM DAN STRUKTUR ATOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI BUKU CATATAN BERBASIS KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM DAN STRUKTUR ATOM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·'.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI BUKU CATATAN BERBASIS KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM DAN STRUKTUR ATOM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media belajar mandiri di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan buku catatan berbasis kimia dalam SMA/MA Kelas X Semester Gasal pada Materi Perkembangan Teori Atom dan Struktur Atom yang memiliki karakteristik tertentu berdasarkan penilaian ahli media, peer reviewer, pendidik, dan peserta didik, (2) mengetahui kelayakan buku catatan berbasis kimia yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian guru kimia dan respon siswa SMA/MA. Pengembangan buku catatan berbasis kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapat masukan dari peer reviewer dan ahli media dengan model prosedural. Instrumen penilaian buku catatan berbasis kimia berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh guru kimia SMA/MA di Pacitan. Penelitian yang dilakukan meliputi 6 aspek penilaian dengan 21 indikator penilaian serta respon dari peserta didik yang meliputi 4 aspek penilaian dan 18 indikator penilaian. Hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasikan dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kelayakan buku catatan berbasis kimia. Produk penelitian ini berupa buku catatan berbasis kimia dalam pembelajaran materi perkembangan teori atom dan struktur atom untuk siswa SMA/MA. Buku catatan berbasis kimia yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik (B) menurut penilaian 5 guru kimia SMA/MA dengan persentase keidealan 84,38% serta respon dari 12 peserta didik dengan persentase 96,30% menyatakan baik dan 3,7% menyatakan tidak baik, sehingga layak digunakan sebagai media belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Belajar Mandiri, Buku Catatan Berbasis Kimia, Perkembangan Teori Atom, Struktur Atom
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:27
Last Modified: 15 Mar 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum