PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS KIMIA BERBAHASA INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Ike Fitriastuti, NIM.: 07670010 (2011) PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS KIMIA BERBAHASA INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS KIMIA BERBAHASA INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS KIMIA BERBAHASA INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR··.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi kamus kimia merupakan salah satu media yang dapat dikembangkan sebagai alternatif sumber belajar mandiri yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, gaya belajar peserta didik, dan tidak terbatas pada tempat dan waktu. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Aplikasi Kamus Kimia berbahasa Indonesia sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA, dan mengetahuai kelayakan Aplikasi Kamus Kimia yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian lima pendidik kimia SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Subjek penilai (reviewer) kualitas media ini meliputi lima pendidik kimia SMA/MA di Yogyakarta yang sebelumnya dilakukan peninjauan oleh peer reviewer (teman sejawat), ahli materi, dan ahli media. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian kualitas Aplikasi Kamus Kimia yang terdiri dari 6 aspek penilaian meliputi, aspek pemanfaatan sumber informasi, deskripsi, keterlaksanaan, tampilan, struktur kebahasaan, dan kemudahan pengoperasian. Hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasikan dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Aplikasi Kamus Kimia. Produk pengembagan ini berupa CD Aplikasi Kamus Kimia berbahasa Indonesia yang memuat istilah-istilah kimia tingkat SMA/MA kelas X sampai XII, deskripsi istilah, gambar pendukung, dan bacaan pendukung berupa link internet. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa CD Aplikasi Kamus Kimia yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 89,48%, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Maya Rahmayanti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Kamus Kimia, Media Software
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:38
Last Modified: 15 Mar 2023 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum