UPAYA DOSEN NATIVE SPEAKER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (AL KALAM) PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN TAHUN AKADEMIK 2009/2010 DI PUSAT BAHASA, BUDAYA DAN AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Nur Jannatin, NIM.: 06420044 (2010) UPAYA DOSEN NATIVE SPEAKER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (AL KALAM) PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN TAHUN AKADEMIK 2009/2010 DI PUSAT BAHASA, BUDAYA DAN AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA DOSEN NATIVE SPEAKER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (AL KALAM) PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN TAHUN AKADEMIK 2009/2010 DI PUSAT BAHASA, BUDAYA DAN AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
06420044 - BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA DOSEN NATIVE SPEAKER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (AL KALAM) PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN TAHUN AKADEMIK 2009/2010 DI PUSAT BAHASA, BUDAYA DAN AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
06420044 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dosen native speaker dalam meningkatkan keterampilan berbicara (al kalam) pada mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan tahun akademik 2009/2010 di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang dosen native speaker dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan upaya dosen native speaker dalam meningkatkan keterampilan berbicara (al kalām) pada mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan tahun ajaran 2009/2010 dan mendeskripsikan pendapat mahasiswa tentang dosen native speaker dalam pembelajaran bahasa Arab, adapun lokasi penelitian ini adalah di Pusat Bahasa, budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Direktur Pusat Bahasa, Budaya dan Agama, dosen native speaker, mahasiswa kelas Tarbiyah-U dan kelas Tarbiyah-Y. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan dosen native speaker dalam meningkatkan keterampilan berbicara (al kalām) pada mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan tahun akademik 2009/2010 adalah (1) Menjadi contoh bagi mahasiswa dalam berbahasa Arab, baik dari aspek lahjah, intonasi, artikulasi, budaya berbahasa maupun penggunaan istilah, (2) Melatih dan membiasakan mahasiswa untuk berbicara bahasa Arab dalam proses pembelajaran, (3) Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menggunakan bahasa Arab, (4) Memberikan informasi atau pengetahuan kepada mahasiswa tentang berbagai wacana keislaman yang dapat mendukung pemerolehan kosa kata agar lebih lancar dalam berbicara bahasa Arab, (5) Mengarahkan mahasiswa dalam menggunakan bahasa Arab, (6) Menggunakan metode dan melakukan langkah-langkah pembelajaran yang dapat mendukung pemerolehan keterampilan berbicara mahasiswa. Adapun pendapat mahasiswa tentang dosen native speaker dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut: mahasiswa lebih senang diajar oleh dosen native speaker dari pada dosen non native speaker dalam pembelajaran bahasa Arab karena dosen native speaker memiliki kelebihan dari unsur keaslian bahasa, penekanan pengajarannya lebih kepada al-kalām, memiliki wawasan yang luas dan mampu menggunakan media pembelajaran dengan baik, namun dalam proses pembelajaran bahasa Arab dengan dosen native speaker, mahasiswa juga mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi mahasiswa tersebut adalah kondisi tegang saat proses pembelajaran berlangsung, penerjemahan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, materi yang disampaikan terlalu berat, perbedaan istilah bahasa Arab dan penyampaian materi yang terlalu cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Tulus Musthofa, Lc., MA.
Uncontrolled Keywords: native speaker; dosen; ketrampilan berbicara; kesulitan belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:59
Last Modified: 15 Mar 2023 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum