IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL KIMIA DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Nena Kholidah, NIM.: 07670034 (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL KIMIA DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL KIMIA DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL KIMIA DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan tujuan diadakannya pembelajaran bilingual kimia di Rintisan SMA Bertaraf Internasional Negeri 8 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran bilingual kimia mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar. Selain itu, untuk mengetahui kendala, solusi dan dampak terhadap sekolah, pendidik dan peserta didik dengan diterapkannya pembelajaran bilingual kimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan Forum Group Discussion (FGD). Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari beberapa sumber yang berbeda. Pembelajaran bilingual kimia di R SMA B I Negeri 8 Yogyakarta secara umum dilatarbelakangi oleh adanya pengembangan kurikulum R SMA BI pada mata pelajaran Matamatika dan IPA (MIPA) dan pencapaian target lulusan. Tujuannya adalah mampu memacu peserta didik agar termotivasi untuk belajar mandiri, kritis, kretif dan inovatif. Selain itu betujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris bagi pendidik dan peserta didik, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan, pendayagunaan sumber daya manusia, dan dapat meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Sedangkan pembelajaran bilingual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil belajar baru diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Dampak implementasi pembelajaran bilingual kimia di R SMA B I Negeri 8 Yogyakarta, yaitu: (1) kualitas sekolah meningkat (2) pendidik lebih meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, dan pembelajaran di kelas membutuhkan waktu yang lebih lama (3) peserta didik lebih termotivasi dalam belajar dan lebih meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, meskipun ada sebagian peserta didik yang kesulita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si, MA.
Uncontrolled Keywords: Kelas Bilingual, Pendidik Kimia, SMA Bertaraf Internasional
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 11:34
Last Modified: 15 Mar 2023 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57166

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum