PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA

Winda Sayekti, NIM.: 07670039 (2011) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, mengarahkan peserta didik untuk belajar secara lebih mandiri. Dalam pembelajaran kimia, materi Sistem Periodik Unsur termasuk materi yang bersifat abstrak, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mempelajari materi kimia tersebut secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan kartu Periodik Unsur. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket penilaian yang terdiri dari 5 aspek penilaian dengan 22 kriteria penilaian. Kualitas kartu pembelajaran dinilai menurut penilaian lima pendidik kimia serta direspon oleh peserta didik SMA/MA. Hasil penilaian yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas kartu pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa kartu pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Kualitas kartu pembelajaran berdasarkan penilaian pendidik kimia memperoleh skor 91,6 dari skor maksimal 100 dengan persentase keidealan 91,6%, sedangkan hasil respon peserta didik terhadap kartu pembelajaran tersebut adalah 81,36% dengan skor yang diperoleh 179 dari skor maksimal 220. Penilaian pendidik dan respon peserta didik tersebut menunjukkan bahwa kartu Periodik Unsur tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk SMA/MA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Maya Rahmayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kartu Pembelajaran, CorelDRAW X4, Sistem Periodik Unsur
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 11:41
Last Modified: 15 Mar 2023 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum