PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERDASARKAN STANDAR ISI (SI) UNTUK KELAS XII SMA/MA SEMESTER 1

Umi Latifah, NIM.: 07670042 (2011) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERDASARKAN STANDAR ISI (SI) UNTUK KELAS XII SMA/MA SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERDASARKAN STANDAR ISI (SI) UNTUK KELAS XII SMA/MA SEMESTER 1)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERDASARKAN STANDAR ISI (SI) UNTUK KELAS XII SMA/MA SEMESTER 1)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kimia Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan Berdasarkan Standar Isi (SI) untuk Kelas XII SMA/MA Semester 1 yang baik sesuai dengan kriteria kualitas LKS yang telah ditentukan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia dan respon peserta didik SMA/MA. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE terbatas, yaitu Analysis, Design, dan Development (ADD). Draft LKS diberi masukan oleh 1 dosen pembimbing, 2 ahli (media dan materi), dan 3 teman sejawat (peer reviewer). Kualitas LKS dinilai oleh 3 pendidik kimia dan direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penilaian pengembangan ini menunjukan bahwa LKS Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan memenuhi kriteria kualitas. LKS yang telah disusun berdasarkan penilaian pendidik kimia memperoleh persentase keidealan sebesar 84,34% dan dari respon peserta didik memperoleh persentase keidealan sebesar 89,8%, sehingga dikategorikan kualitas LKS sangat baik (SB) dan LKS tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Sifat Koligatif Larutan, Pembelajaran Kimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 11:46
Last Modified: 15 Mar 2023 11:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum