PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 WONOSARI

Ferli Eko Kurniantoro, NIM.: 07680005 (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 WONOSARI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 WONOSARI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR··.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2010/2011 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemandirian belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa IPA biologi pada materi pokok pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari. Sampel penelitian adalah kelas VII E sebagai kelas perlakuan dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk penilaian kemandirian belajar siswa dan lembar soal tes untuk penilaian hasil belajar kognitif biologi siswa. Pengambilan data menggunakan metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Independent Sample T-Test. Hasil analisis secara deskriptif terhadap kemandirian siswa yang meliputi ; motivasi, inisiatif dan kreatif, tanggungjawab, disiplin, percaya diri serta mengikuti proses pembelajaran dengan antusias menunjukkan bahwa persentase tiap-tiap aspek kemandirian siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kemandirian siswa pada kelas kontrol. Hasil uji t terdapat pengaruh signifikan penerapan metode kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa (sig (2-tailed)=0,000<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Satino, M.Pd dan Siti Aisah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Kooperatif, Group Investigation, Kemandirian, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 11:49
Last Modified: 15 Mar 2023 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum