KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Nuzilatur Rosidah, NIM.: 06410163 (2010) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
06410163 - BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
06410163 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa guru pengampu mata pelajaran Al Quran Hadits di MTs Negeri Piyungan Bantul pada waktu kegiatan pembelajaran sering menghadapi kesulitan dalam penyampaian materi secara maksimal. Hal ini disebabkan karena sebagian besar peserta didik tidak bisa membaca teks Arab, sedangkan mata pelajaran Al Quran Hadits dalam materi ajarnya sebagian besar terdapat teks arab sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan bagi peserta didik. Yang menjadi permasalahan ini adalah apa saja problematika pembelajaran yang dihadapi guru Al Quran Hadits, bagaimana kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al Quran Hadits dalam mengatasi problematika pembelajaran serta bagaimana upaya guru Al Quran Hadits dalam peningkatan kompetensi pedagogik untuk mengatasi problematika pembelajaran di MTs Negeri Piyungan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi pedagogik guru Al Quran Hadits dalam mengatasi problematika pembelajaran serta upaya guru dalam peningkatannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk terus meningkatkan kompetensi guru dalam mengatasi problem pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode wawancara, karena dirasa cukup sederhana dan tidak memerlukan waktu terlalu lama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Problematika pembelajaran Al Quran Hadits di MTs Negeri Piyungan Bantul di antaranya kurang cukupnya waktu yang tersedia untuk penyampaian materi secara maksimal, sebagian besar siswa-siswinya masih banyak yang tidak dapat membaca teks Arab, kurangnya jumlah guru Al Quran Hadits, faktor latar belakang sekolah siswa, faktor latar belakang keluarga siswa, dan faktor kemampuan siswa. (2) Kompetensi pedagogik guru Al Quran Hadits dalam mengatasi problematika pembelajaran dilaksanakan dengan cara menganalisis karakteristik siswa. Kegiatan Kompetensi pedagogik guru Al Quran Hadits dalam mengatasi problematika pembelajaran dengan cara memahami peserta didik, merancang pembelajaran, melaksanakan dan evaluasi serta mengembangkan potensi peserta didik. (3) Upaya guru Al Quran Hadits dalam peningkatan kompetensi pedagogik untuk mengatasi problematika pembelajaran dikembangkan dalam kegiatan peningkatan kemampuan dalam perancangan pembelajaran, peningkatan kemampuan mengembangkan potensi siswa, peningkatan kemampuan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Upaya pihak Madrasah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru Al Quran Hadits kelas VIII dilakukan dengan memberi buku pegangan guru, penyediaan alokasi dana khusus, mengadakan pelatihan TI, dan memberikan motivasi kepada guru pengampu mengikuti MGMP dan Diklat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag., selaku pembimbing
Uncontrolled Keywords: Hadis; guru; kompetensi pedagogik; pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2023 13:58
Last Modified: 15 Mar 2023 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum