STRATEGI PENJUALAN PELAKU UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KLUSTER KULINER DI ALUN-ALUN KOTA PEKALONGAN

Rona Afifah, NIM.: 17102030068 (2022) STRATEGI PENJUALAN PELAKU UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KLUSTER KULINER DI ALUN-ALUN KOTA PEKALONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENJUALAN PELAKU UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KLUSTER KULINER DI ALUN-ALUN KOTA PEKALONGAN)
17102030068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENJUALAN PELAKU UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KLUSTER KULINER DI ALUN-ALUN KOTA PEKALONGAN)
17102030068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Alun-alun Kota Pekalongan merupakan suatu tempat berkumpulnya masyarakat Pekalongan di mana terdapat banyak pelaku usaha yang menjajakan kuliner dan fashion. Adanya pandemi Covid-19 membuat para pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah penelitian mengenai strategi para pelaku UMKM dan dampaknya terhadap penjualan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pada UMKM untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian kali ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi penjualan UMKM kuliner yang melalui strategi marketing mix 4P dalam meningkatkan penjualannya yang terdiri dari 4 komponen, yaitu menjaga kualitas produk (product), menetapkan harga jual (price), menentukan lokasi (place), dan melakukan promosi (promotion). Sedangkan terdapat dua dampak yang ditimbulkan dalam strategi penjualan yaitu dampak positif dari strategi penjualan terciptanya lapangan pekerjaan, dengan promosi dapat menarik konsumen baru, selalu menjaga kualitas produk. Sedangkan dampak negatif dari yang ditimbulkan yaitu timbulnya persaingan antar bisnis, resiko relokasi dari pemerintah setempat, dan akan membutuhkan banyak modal jika mempromosikan di media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Beti Nur Hayati, M.A.
Uncontrolled Keywords: strategi penjualan; UMKM; kuliner; Covid-19
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2023 15:53
Last Modified: 15 Mar 2023 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum