PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI AVERTEBRATA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2010/2011

H. B. A Jayawardana, NIM.: 07680031 (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI AVERTEBRATA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI AVERTEBRATA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI AVERTEBRATA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR··.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan metode Guided Inquiry terhadap aktivitas belajar biologi pada materi avertebrata siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan tahun ajaran 2010/2011. (2) mengetahui pengaruh penerapan metode Guided Inquiry terhadap hasil belajar biologi pada materi avertebrata siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis dengan uji Two Independent Samples Kolmogorov-Smirnov dan data hasil belajar siswa berupa pretest dan posttest dianalisis menggunakan t-Test (ujit) dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif terhadap aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menerapkan metode Guided Inquiry dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji Two Independent Samples Kolmogorov-Smirnov, dengan sig. (2-tailed) senilai 0,000 < taraf signifikansi (0,01). (2) tidak terdapat pengaruh yang positif terhadap hasil belajar biologi pada kelas eksperimen dengan menerapkan metode Guided Inquiry dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t dengan sig. (2-tailed) senilai 0,318 > taraf signifikansi (0,05). Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa metode Guided Inquiry berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa meskipun tidak secara signifikan, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran biologi di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suhardi, M. Pd. dan Runtut Prih Utami, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan, Guided Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:32
Last Modified: 16 Mar 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57184

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum