PENGEMBANGAN MODUL INFORMATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SMA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

Atik Kusumawati, NIM.: 07680036 (2011) PENGEMBANGAN MODUL INFORMATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SMA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL INFORMATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SMA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL INFORMATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SMA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul informatif pada materi sistem pencernaan untuk SMA kelas XI semester 2 berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), mengetahui pengembangan modul informatif dan mengetahui kualitas modul informatif pada materi sistem pencernaan untuk SMA kelas XI semester 2 berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memenuhi kriteria modul yang berkualitas. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE dengan 5 langkah pengembangan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap uji coba, dan tahap evaluasi. Intrumen penilaian berupa lembar angket. Subjek penelitian yakni 1 ahli materi, 1 ahli media, peer reviewer, 2 guru biologi, dan 24 siswa SMA kelas XI. Objek penelitian yaitu modul informatif materi sistem pencernaan untuk SMA kelas XI semester 2. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa modul informatif yang telah dikembangkan melaui tahap pengembangan sampai pada penilaian produk dan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Kualitas modul informatif berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh skor 100 dari skor maksimal 115 dengan persentase ideal 87%, penilaian ahli media memperoleh skor 85 dari skor maksimal 115 dengan persentase ideal 74%, penilaian peer reviewer memperoleh skor 94,6 dari skor maksimal 115 dengan persentase ideal 82%, penilaian guru memperoleh skor 99,5 dari skor maksimal 115 dengan persentase ideal 87%, sedangkan hasil respon siswa terhadap modul informatif tersebut adalah 85% dengan skor yang diperoleh 50,8 dari skor maksimal 60. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru dan siswa tersebut bahwa modul informatif tersebut layak digunakan sebagai bahan ajar untuk SMA siswa kelas XI semester 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul Informatif, Sistem Pencernaan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:34
Last Modified: 16 Mar 2023 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum