PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Riyana Fathiyati, NIM.: 07680037 (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis macromedia flash sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI semester 2 pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia berdasarkan penilaian 4 guru biologi SMA/MA dan satu kelas siswa SMA, serta untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media pembelajaran biologi yang telah dikembangkan. Media ini disusun menggunakan program Macromedia Flash Professional 8. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yang menggariskan langkah – langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Tahap-tahap pengembangan prosedural antara lain tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian produk. Penilaian kualitas media pembelajaran berdasarkan pada kriteria kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep; bahasa yang digunakan; kemudahan mengoperasikan; keterlaksanaan; tampilan; evaluasi. Hasil penilaian dari 4 orang guru SMA/MA dan siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta menunjukkan media pembelajaran biologi berbasis macromedia flash yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan diperoleh skor rata-rata 100,75 dari nilai maksimal ideal 115 dengan presentase keidealan 87,6% sedangkan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut adalah 88,07% dengan skor yang diperoleh 916 dari skor maksimal 1040 dan mempunyai kategori sangat baik (SB). Hasil minat siswa diperoleh skor 1187 dari skor maksimal 1560 dengan presentase keidealan 79,13% dan mempunyai kategori baik (B). Berdasarkan penilaian guru biologi dan respon siswa tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk SMA/MA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Sistem Reproduksi Manusia.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:33
Last Modified: 16 Mar 2023 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum