PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS MODUL SEMI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (STUDI KASUS SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III)

Ridho Arsyad, NIM.: 07690005 (2011) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS MODUL SEMI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (STUDI KASUS SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS MODUL SEMI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (STUDI KASUS SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS MODUL SEMI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (STUDI KASUS SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman konsep Gelombang Elektromagnetik (GEM) dan tanggapan siswa kelas X MAN Yogyakarta III terhadap pembelajaran fisika dengan model Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) dan pembelajaran fisika dengan strategi Reading Aloud berbasis modul Semi Guided Discovery. Penelitian ini adalah penelitian quasi ekperiment, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Yogyakarta III, sedangkan sampel yang dipakai adalah kelas XF sebagai kelompok eksperimen dan kelas XE sebagai kelompok kontrol. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari lembar tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep gelombang elektromagnetik dan lembar angket yang digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata skor hasil post-test pemahaman konsep gelombang elektromagnetik kelas eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol yaitu 74.49 berbanding 44.30 . Hasil uji ANAVA satu jalur menunjukan F F ( ) yaitu hit tab , 5% > 76.42 > 3.99 dengan demikian 0 H ditolak dan a H diterima, artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep gelombang elektromagnetik siswa kelas X MAN Yogyakarta III antara yang diajar dengan model Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) dan siswa yang diajar dengan strategi Reading Aloud berbasis modul Semi Guided Discovery. Sedangkan tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika dengan model CIRC sebesar 78.03% dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika dengan strategi Reading Aloud 72.55%. Kedua presentasi di atas termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Widayanti, M.Si dan M. Pribadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC), Modul Semi Guided Discovery, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:45
Last Modified: 16 Mar 2023 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum