MANAJEMEN STRATEGI REAL MASJID 2.0 DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI YOGYAKARTA

Ramadanu, NIM.: 18102040038 (2023) MANAJEMEN STRATEGI REAL MASJID 2.0 DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI REAL MASJID 2.0 DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI YOGYAKARTA)
18102040038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI REAL MASJID 2.0 DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI YOGYAKARTA)
18102040038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ditengah perkembangan globalisasi yang berkembang begitu pesat, masjid turut berjuang dalam menghadirkan ruang interaksi untuk terus menghubungkan manusia sebagai makhluk sosial dan aktivitas peribadatan kepada Allah SWT. Namun, perkembangan ini membawa dampak negatif terhadap menurunnya fungsi masjid yang hanya terbatas pada aspek spiritualitas dan bidang pendidikan, sehingga potensi masjid belum bisa dimaksimalkan dengan baik, termasuk optimasi program ekonomi, lingkungan dan sosial melalui pintu masjid. Menyadari degradasi yang akan berimplikasi pada problematika serius kedepannya, masjid beberapa daerah di Indonesia mulai berbenah untuk membangun pusat peradaban seperti zaman rasulullah saw ketika dakwah di Madinah. Salah satunya adalah yang ada di Yogykarta, yakni Masjid Jogokariyan dengan pendekatan masyarakatnya. Satu tahun belakangan muncul pula Real Masjid 2.0 dengan pendekatan lifestylenya sebagai core value dalam mewujudkan masyarakat yang memiliki nilai keislamanan, termasuk berupaya dalam mewujudkan masyarakat madani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Manajemen Strategi Real Masjid 2.0 Dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis Analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian menggunakan pendekatan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Strategi Real Masjid 2.0 Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Madani di Yogyakarta yaitu, (1). Referensi, (2). Filosofi dan (3). pendekatan. Dalam proses implementasinya, Real Masjid 2.0 membuat program berdasarkan kondisi dan kebutuhan masyarakat yaitu: (1). Ekonomi (2). Pendidikan dan Sosial, (3). Kesehatan dan (4). Keluarga. Sementara itu, fasilitas dan pelayanan yang diberikan berupa audiotorium, warmindo gratis, bioskop, pendopo dan sport area sebagai nilai tambah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. M. Thoriq Nurmadiansyah, S. Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi; masjid; masyarakat madani
Subjects: Manajemen Dakwah
Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:29
Last Modified: 16 Mar 2023 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum