PENGEMBANGAN PETA KONSEP SEBAGAI ASESMEN PEMBELAJARAN FLUIDA PADA SISWA

Prasetyaning Siwi Ratna Dewati, NIM.: 07690033 (2011) PENGEMBANGAN PETA KONSEP SEBAGAI ASESMEN PEMBELAJARAN FLUIDA PADA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PETA KONSEP SEBAGAI ASESMEN PEMBELAJARAN FLUIDA PADA SISWA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PETA KONSEP SEBAGAI ASESMEN PEMBELAJARAN FLUIDA PADA SISWA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendapatkan asesmen pembelajaran berupa tes melengkapi peta konsep materi fluida untuk siswa SMA/MA, (2)Mengetahui hasil penggunaan tes melengkapi peta konsep materi fluida sebagai asesmen pembelajaran pada siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan asesmen pembelajaran di bidang pendidikan fisika, dengan menggunakan prosedur pengembangan yang meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan uji coba. Instrumen yang digunakan yaitu angket checklist penilaian, tes melengkapi peta konsep, dan pedoman wawancara. Validasi produk dilakukan oleh reviewer yang terdiri dari empat guru fisika SMA/MA di Yogyakarta. Subyek uji coba produk yaitu siswa kelas XI IPA di dua SMA/MA di Yogyakarta. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini telah berhasil mengembangkan dan menghasilkan produk asesmen pembelajaran berupa tes melengkapi peta konsep materi fluida untuk siswa SMA/MA dengan melalui prosedur pengembangan. Hasil validasi produk memiliki kualitas sangat baik menurut penilaian empat guru fisika SMA/MA dengan skor 42,5 dari skor maksimal 50 dan persentase keidealan 85%. Asesmen telah diujicobakan pada siswa, baik skala terbatas dan kelompok yang menunjukkan bahwa hanya terdapat beberapa siswa yang melakukan kesalahan dan secara keseluruhan rata-rata nilai materi fluida yang diperoleh siswa adalah lebih dari skor 89 dari skor maksimal 100. Kesalahan pengerjaan siswa dapat digunakan untuk mengetahui rangkaian konsep yang belum dipahami oleh siswa. Dengan demikian maka hasil penggunaan asesmen pembelajaran altenatif berupa tes melengkapi peta konsep materi fluida pada siswa dapat digunakan untuk menilai pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Asesmen, Peta Konsep, Fluida
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 10:15
Last Modified: 16 Mar 2023 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum