PENGARUH PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP KENYAMANAN MEMBACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Rohmatul Ummah, NIM.: 07140003 (2011) PENGARUH PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP KENYAMANAN MEMBACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP KENYAMANAN MEMBACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP KENYAMANAN MEMBACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencahayaan ruang baca perpustakaan terhadap kenyamanan membaca pemustaka di perpustakaan Universitas Sanata Dharma serta seberapa besar pengaruh antara kedua variabel tersebut. Alat pengambilan data berupa observasi, kuesioner, dokumentasi, dan alat ukur (lux meter). Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif, sifat dari penelitian ini adalah korelasi sebab-akibat. Rumus yang digunakan yaitu Koefisien Korelasi Product Moment untuk menguji hipotesa. Pengambilan sampel secara Accidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pencahayaan ruang baca perpustakaan terhadap kenyamanan membaca pemustaka di perpustakaan Universitas Sanata Dharma. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,685 dimana r hitung lebih besar dengan r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,1680. Sedangkan besar nilai koefisien determinasinya adalah 46%, dan sisanya disebabkan oleh faktor lain. Beberapa hal yang disarankan untuk perpustakaan Universitas Sanata Dharma adalah memasang tirai yang tidak bersifat permanen di jendela sebelah selatan untuk mengurangi kuatnya intensitas cahaya matahari yang masuk kedalam ruangan melalui jendela pada siang hari, segera mengganti lampu yang sudah mati supaya pencahayaan di ruangan perpustakaan tetap optimal. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada perpustakaan untuk meningkatkan ataupun mempertahankan kenyamanan pemustaka dari segi pencahayaan, yang merupakan salah satu aspek dari pelayanan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Tri Septiantono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, Kenyamanan Membaca, Pemustaka.
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 13:49
Last Modified: 16 Mar 2023 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum