PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MAKNA GELAR HABIB SEBAGAI ULAMA (Studi Pada Masyarakat Keturunan Arab Hadrami di Kota Jambi)

Muhammad Fauzan Bafadhal, NIM.: 18202010021 (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MAKNA GELAR HABIB SEBAGAI ULAMA (Studi Pada Masyarakat Keturunan Arab Hadrami di Kota Jambi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MAKNA GELAR HABIB SEBAGAI ULAMA (Studi Pada Masyarakat Keturunan Arab Hadrami di Kota Jambi))
18202010021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MAKNA GELAR HABIB SEBAGAI ULAMA (Studi Pada Masyarakat Keturunan Arab Hadrami di Kota Jambi))
18202010021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Habib adalah sebuah gelar yang diberikan masyarakat sebagai salah satu bentuk penghormatan dan kecintaan, untuk menyebut orang (tokoh) agama yang berperan dalam berdakwah sesuai dengan Al-Qur-an dan Sunnah serta mempunyai silsilah keturunan dari Rasulullah S{alallhu Alaihi Wasalam. Seperti halnya sebutan gelar Habib bagi keturunan yang berasal dari Arab Hadrami (Hadramaut) di Yaman yang tersebar luas di Indonesia salah satunya di Provinsi Jambi. Persepsi merupakan proses penyampaian makna, stimuli, interpretasi, dan sensasi yang diterima oleh individu melalui alat indera dari berbagai objek, kemudian diproses dari pengetahuan atau pengalaman-pengalaman yang didapatkan sebelumnya dengan menyimpulkan informasi dan manafsirkan pesan, maka persepsi yang yang dimaksud dalam penelitian ini adalah tanggapan, pendapat atau respon masyarakat jambi terhadap makna gelar Habib. Pada penelitian ini penulis mengunakan jenis penelitian kualitatif yang menekankan kedalaman secara kualitas data bukan pada kuantitas maka penulis turun langsung untuk menteliti kelapangan untuk mendapat data secrara akurat dan menyeluruh terkait Makna Gelar Habib Sebagai Ulama di Jambi. penentuan subjek menggunakan Accindental Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan teori-teori persepsi. Hasil penelitian ini, terkait dengan Persepsi masyarakat menimbulkan berbagai pendapat dalam hal positif dan berbeda-beda masyarakat Kota Jambi memaknai gelar Habib tersebut. Terdapat 6 point yang menjadi focus utama dalam persepsi masyarakat memaknai gelar Habib sebagai ulama. 1. Zuriyat Rasulallah, 2. Mengayomi, membimbing dan mencontohkan, 3. Al-Quran dan Sunnah, 4. Mencintai dan dicintai, 5. Beradaptasi dengan lingkungan masyarakat, 6. Memiliki jamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., P.hD.
Uncontrolled Keywords: Habib; ulama; Hardramaut; community perception
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Mar 2023 13:42
Last Modified: 16 Mar 2023 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum