PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN JUALAN ONLINE PADA MEMBER ORIFLAME DI KOMUNITAS FUNBIZ CLUB

Puri Charisma Devi, NIM.: 19102030058 (2023) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN JUALAN ONLINE PADA MEMBER ORIFLAME DI KOMUNITAS FUNBIZ CLUB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN JUALAN ONLINE PADA MEMBER ORIFLAME DI KOMUNITAS FUNBIZ CLUB)
19102030058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN JUALAN ONLINE PADA MEMBER ORIFLAME DI KOMUNITAS FUNBIZ CLUB)
19102030058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pelatihan jualan online pada member Oriflame di komunitas Funbiz Club merupakan salah satu upaya untuk membentuk anak muda mandiri dengan berpenghasilan dan sukses di usia muda. Hal ini dilakukan dengan cara memanfaatkan potensi dan mengembangkan kapasitas diri dengan tujuan meningkatkan perekonomian anak muda secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses serta menganalisa hasil dan dampak dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pelatihan jualan online pada member Oriflame di komunitas Funbiz Club. Jenis penelitian ini kualitatif dengan strategi deskriptif serta pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh merupakan data tervalidasi dengan keterlibatan dan ketekunan peneliti pada lokasi penelitian serta dengan melakukan observasi yang mendalam. Data yang telah valid dilakukan analisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pelatihan jualan online pada member Oriflame di komunitas Funbiz Club dengan beberapa tahapan pemberdayaan yakni tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi pengetahuan dan kecakapan keterampilan, serta tahap peningkatan kemampuan intelektual dan kecakapan keterampilan. Hasil dari pemberdayaan tersebut meningkatnya kemampuan promosi, strategi branding, serta jualan online pada member Oriflame. Dampak dari pemberdayaan tersebut terhadap member Oriflame sebagai penerima manfaat antara lain meningkatkan perekonomian member, memperluas relasi, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, mendukung kelancaran pendidikan, sehingga meningkatkan kesejahteraan member Oriflame.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Azis Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: potensi; komunitas; ekonomi masyarakat; pelatihan; jualan online
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Mar 2023 10:50
Last Modified: 17 Mar 2023 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum