PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) KOTA YOGYAKARTA

Maimunah Mahabah, NIM.: 19102040022 (2023) PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) KOTA YOGYAKARTA)
19102040022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) KOTA YOGYAKARTA)
19102040022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja, pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja, serta pengaruh pelatihan dan pengaruh sumber daya manusia secara simultan terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teori Kill Patrick yang menyatakan bahwa indikator pelatihan terdiiri atas reactions, learning, result dan efektivitas biaya, sedangkan teori pengembangan sumber daya manusia menggunakan teori Krismiyati yang menyatakan indikator pengembangan sumber aya manusia terdiri atas motivasi, kepribadian dan keterampilan, dan teori kinerja yang dikemukakan oleh Suparyadi yang menyatakan bahwa indikator kinerja terdiri atas kuantitas, kualitas, ketepatan waktu, kreatifitas dan kerjasama. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuisioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen atau catatan yang berkaitan dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.066 yang merupakan pelaku UMKM Kota Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 188 sampel yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, pengembangan sumber daya manusia berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja, serta pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Yogyakarta. Variabel pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berpengaruh sebesar 62,3% terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Yogyakarta, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pelatihan; sumber daya manusia; kinerja; usaha mikro; UMKM
Subjects: Manajemen Dakwah
Ekonomi > Mikroekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2023 09:00
Last Modified: 21 Mar 2023 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum