PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 AMPEL

Nur Cholifah, NIM.: 05430017 (2010) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 AMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 AMPEL)
05430017 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 AMPEL)
05430017 -BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi kooperatif tipe two stay two stray pada pembelajaran matematika siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Ampel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan guru matematika dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika di kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Ampel yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi kooperatif tipe two stay two stray dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, lembar angket aktivitas siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Dari analisis angket didapat hasil persentase aktivitas belajar siswa yang dilihat dari semua indikator aktivitas mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 59,46% dan pada siklus II sebesar 68,49%. Aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari aktivitas dalam memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru maupun siswa lain, mencatat materi pelajaran dan point penting, keberanian dalam memberikan tanggapan dan mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun teman, mengerjakan tugas dengan baik, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual; strategi kooperatif Tipe Two Stay Two Stray; belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2023 14:48
Last Modified: 21 Mar 2023 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum