ANALISIS KANDUNGAN PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA BUKU AJAR SAINS BIOLOGI SMP KELAS IX DAN KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA

Rikawati, NIM.: 03450481 (2010) ANALISIS KANDUNGAN PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA BUKU AJAR SAINS BIOLOGI SMP KELAS IX DAN KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KANDUNGAN PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA BUKU AJAR SAINS BIOLOGI SMP KELAS IX DAN KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA)
03450481 BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KANDUNGAN PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA BUKU AJAR SAINS BIOLOGI SMP KELAS IX DAN KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA)
03450481 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran sains yang dikembangkan dalam buku ajar sains biologi SMP kelas IX telah sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Pada penelitian ini buku ajar yang dipilih adalah buku ajar sains biologi yang digunakan oleh para guru sains biologi di sekolah menengah pertama wilayah Yogyakarta sebagai sumber belajar wajib atau yang direkomendasikan para guru/ kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Diambil tiga buah buku ajar yang diterbitkan oleh penerbit Er, BA dan Yud. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi buku ajar sains biologi kelas IX. Pengumpulan data dimulai dengan menandai kalimat perintah pada setiap halaman buku yang menunjukkan adanya keterlibatan proses pembelajaran sains. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang besarnya kandungan proses pembelajaran sains di dalam buku ajar sains biologi SMP kelas IX. Teknik ini juga dipakai untuk mengetahui apakah proses pembelajaran sains yang terkandung dalam buku tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Buku ajar sains biologi SMP kelas IX mengandung proses pembelajaran sains yang sangat baik. 2) Kandungan proses sains dalam buku ajar sains biologi SMP kelas IX telah sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa SMP kelas IX. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan: a) Persentase rata-rata proses pembelajaran sains yang terkandung dalam buku ajar Sains Biologi SMP kelas IX sebesar 97,5%. b) Persentase proses pembelajaran sains yang tergolong dalam kemampuan berpikir fase operasional konkrit 25,4%. c) Persentase proses pembelajaran sains yang tergolong dalam kemampuan berpikir fase operasional formal 42,4%. d) Persentase proses pembelajaran sains yang tergolong dalam kemampuan berpikir fase gabungan operasional konkrit dan formal 32,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Arifah Khusnuryani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sains; mental siswa; psikologi kognitif
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2023 15:42
Last Modified: 21 Mar 2023 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum