PENGANTAR KE ARAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM Anak Usia Dini : Kajian Normatif Ayat dan Hadis Tarbawi tentang Pendidikan Anak

Nadlifah and Suismanto and Hafidh ‘Aziz (2018) PENGANTAR KE ARAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM Anak Usia Dini : Kajian Normatif Ayat dan Hadis Tarbawi tentang Pendidikan Anak. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ISBN 978-602-51529-7-9

[img] Text (PENGANTAR KE ARAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM Anak Usia Dini Kajian Normatif Ayat dan Hadis Tarbawi tentang Pendidikan Anak)
Buku PIAUD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1679631368.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Sebagai sebuah agama, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk belajar dan belajar. Bahkan ayat pertama yang diturunkan dalam al-Qur’an berisi perintah untuk membaca, meneliti dan menelaah (Q.S.al-Alaq, 1-5) ini menunjukkan betapa besarnya perhatian agama islam dalam dunia pendidikan. Selain dalam al-Qur’an banyak juga hadis nabi yang berisi perintah untuk mencari ilmu. Konsep pendidikan dalam islam mengajarkan bahwa mencari ilmu tidak mengenal waktu dan usia sepanjang hayat manusia harus terus belajar atau long life education (thalabulilmi minalmahdi ila lahdi) hal ini salah satunya mengingat luasnya ilmu Allah. Belajar atau menuntut ilmu adalah proses sepanjang hayat hidup manusia di mulai ketika mereka berada dalam kandungan, lalu lahir di dunia hingga mereka berada di liang lahat. konsepsi tersebut menyiratkan pentingnya pendidikan sejak usia dini dan terus berlansung hingga ajal menjemput. oleh karena penting untuk menggali nilai-nilai edukasi dari dua sumber utama islam yaitu al_Qur'an dan Hadis tentang bagaimana tuntunan Islam dan teladan Rasul dalam mendidik manusia khususnya anak usia dini, yang diyakini masa ini adalah masa keemasan, sehingga ulama menganalogikan belajar pada usia dini seperti memahat di atas batu yang akan kuat membekas dan menancap. buku ini berupaya untuk menggali nilai nilai tersebut untuk membangun kerangka konseptual pendidikan anak usia dini berbasis nilai-nilai islam merujuk pada al-Qur'an dan Hadis.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Buku
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Mar 2023 11:29
Last Modified: 24 Mar 2023 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum