ANALISIS STRATEGI E-COMMERCE DALAM MENDORONG DIGITALISASI EKONOMI DI YOGYAKARTA DENGAN METODE GAME THEORY (STUDI KASUS: SHOPEE VS TOKOPEDIA)

Muhammad Zia Ulhaq, NIM.: 19108010011 (2022) ANALISIS STRATEGI E-COMMERCE DALAM MENDORONG DIGITALISASI EKONOMI DI YOGYAKARTA DENGAN METODE GAME THEORY (STUDI KASUS: SHOPEE VS TOKOPEDIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI E-COMMERCE DALAM MENDORONG DIGITALISASI EKONOMI DI YOGYAKARTA DENGAN METODE GAME THEORY (STUDI KASUS: SHOPEE VS TOKOPEDIA))
19108010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI E-COMMERCE DALAM MENDORONG DIGITALISASI EKONOMI DI YOGYAKARTA DENGAN METODE GAME THEORY (STUDI KASUS: SHOPEE VS TOKOPEDIA))
19108010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi perusahaan Shopee maupun Tokopedia dalam mengkampanyekan digitalisasi ekonomi ditengah keterbatasan yang terjadi saat wabah Covid-19 melanda. Sehingga, memaksa masyarakat memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja secara online dengan asumsi bahwa layanan pasar virtual tersebut menyediakan segala kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan analisis data menggunakan Metode Teori Permainan, Sedangkan untuk perolehan data, peneliti menyebarkan kuisioner kepada generasi "Z" sebagai costumer salah satu platform baik itu Shopee maupun Tokopedia yang berada di Yogyakarta. Hasil penelitian yang ditemukan, masing-masing dari pemain baris (Shopee) dan pemain kolom (Tokopedia) menggunakan strategi murni didalam persaingannya dan memiliki nilai permainan sebesar dua (2). Dimana Shopee memilih untuk memaksimalkan X1 atau desain platform untuk memperoleh keuntungan. Sedangkan Tokopedia berusaha untuk meminimalkan kerugian dari Y4 atau pelayanan platform yang diberikan kepada konsumen. Dari hasi analisis penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa, baik Shopee maupun Tokopedia akan selalu memiliki strategi jitu agar dapat bersaing dipasaran. Dari seluruh kriteria yang diajukan oleh penulis kepada para responden dan kemudian diolah data, Shopee sebagai pemain baris menentukan strategi optimal pada kriteria pemaksimalan desain yang menarik. Sedangkan Tokopedia memilih strategi optimal untuk meminimumkan kerugian dari kriteria pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penulis: Muhammad Zia Ulhaq
Uncontrolled Keywords: e-commerce; teori permainan (game theory); digitalisasi ekonomi; Generasi Z
Subjects: Ekonomi Syariah
Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Mar 2023 15:27
Last Modified: 24 Mar 2023 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57305

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum