Perubahan Sosial Masyarakat Melalui Gerakan Bank Sampah Studi Pada Bank Sampah Gemah Ripah, Desa Badegan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

M. Zulkarnain Yuliarso, - and Diah Ajeng Purwani, - (2018) Perubahan Sosial Masyarakat Melalui Gerakan Bank Sampah Studi Pada Bank Sampah Gemah Ripah, Desa Badegan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jurnal Agrisep: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 17 (2). pp. 207-218. ISSN p-ISSN 1412 - 8837 (Printed) and e-ISSN 2579-9959 (online)

[img]
Preview
Text (Perubahan Sosial Masyarakat Melalui Gerakan Bank Sampah Studi Pada Bank Sampah Gemah Ripah, Desa Badegan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta)
Perubahan Sosial Masyarakat Melalui Gerakan Bank Sampah St.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1679873269.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat dari adanya bank sampah tentu akan melewati suatu proses yang berlangsung secara bertahap dan melibatkan peran agen peubah yang sangat luar biasa. Oleh karena itu tujuan penelitian di sini adalah untuk menganalisis tahapan perubahan yang terjadi di dalam masyarakat sebagai akibat dari keberadaan Bank Sampah dan mengurai peran agen peubah di dalam perubahan tersebut. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan disain deskriptif, yaitu penelitian yang memberi gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi kemudian dicocokkan dengan teori yang berlaku. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan FGD. Kegigihan dan usaha menggerakan masyarakat yang masif dan terstruktur akhirnya membuahkan hasil yang ditunjukkan dari manfaat yang diperoleh dari keberadaan bank sampah. Strategi yang dilakukan Bank Sampah Gemah Ripah untuk tetap aktif melayani sampai sekarang dengan menekankan pada edukasi anak, melakukan inovasi-inovasi, menggunakan manajemen seperti bank modern, meluaskan jaringan dan memberikan sosialisasi serta pendampingan ke bank sampah - bank sampah lain yang masih baru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perubahan sosial, agen peubah, bank sampah
Subjects: Sosial, Perubahan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:35
Last Modified: 27 Mar 2023 06:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum