Penelitian Kelompok "Peran Politik Mahasiswa Dalam Memperjuangkan Aspirasi Mahasiswa" (Studi Kasus Partai Politik Mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), tahun 2007.

Ainul Yaqin, - and M. Rifai Abduh, - and Zaenal Anwar, - (2007) Penelitian Kelompok "Peran Politik Mahasiswa Dalam Memperjuangkan Aspirasi Mahasiswa" (Studi Kasus Partai Politik Mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), tahun 2007. Documentation. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Penelitian Kelompok "Peran Politik Mahasiswa Dalam Memperjuangkan Aspirasi Mahasiswa" (Studi Kasus Partai Politik Mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), tahun 2007.)
Laporan Hasil Penelitian Kelompok Peran Politik Mahasiswa.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1679893161.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Salah satu ciri menonjol pasca runtuhnya kekuasaan orde baru adalah terjadinya liberalisasi politik. Di level kampus, liberalisasi itu berwujud pada kehendpk mendiri/can partai politik mahasiswa. Sebuah semangat /berpolitik yang datang kembali muncul setelah lama dibungkam rejim Soeharto. Jika selama ini mecanisme suksesi presiden mahasiswa lebih banyak diperankan institusi rektorat, terutama dengan kuasa pembantu Rektor Ill, hal itu kini sudah tidak terjadi lagi. Hal ini paling tidak bisa dilihat di kalangan mahasiswa UIN Siman Kalijaga Yogyakarta. Pasca runtuhnya orde baru, pemilihan anggota senat mahasiswa hingga presiden mahasiswa dilakukan dengan suatu mekamisme yang disebut pemilhan umum mahasiswa (Pemilwa). Untuk bisa menduduki jabatan politik tertentu, seperti presiden mahasiswa atau ketua senat, seseorang harus melalui institusi yang disebut parpol. Pasca tahun 1998, partai politik mahasiswa banyak muncul dan berkembang di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Inilah era baru gerakan mahasiswa pasca tumbangnya Soeharto. Sebuah rejim yang pemah memberangus semangat bepolitik mahasiswa lewat kebijakan NKKIBKK tahun 80-an. Tulisan ini berupaya mendeskripsikan partai politik mahasiswa dan bagaimana mereka bekerja untuk kepentingan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: Politik Mahasiswa
Subjects: Politik
Divisions: Dokumentasi
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Mar 2023 12:15
Last Modified: 27 Mar 2023 12:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum