AKTIVITAS FRAKSI n-HEKSANA DAN ETANOL DAUN SIRIH (Piper bettle Linn.)TERHADAP Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Bacillus subtilis

Widowati, Esti Wahyu (2010) AKTIVITAS FRAKSI n-HEKSANA DAN ETANOL DAUN SIRIH (Piper bettle Linn.)TERHADAP Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Bacillus subtilis. In: Prosiding Seminar Nasional Alami & Presentasi Hasil Penelitian, 12 Juni 2010, UAD-Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS FRAKSI n-HEKSANA DAN ETANOL DAUN SIRIH (Piper bettle Linn.)TERHADAP Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Bacillus subtilis)
prosiding KOSMETIK.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sirih merupakan tanaman yang tumbuh subur di Indonesia dan telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak daun sirih terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli,danBacillus subtilis. Penelitian ini dilakukan dengan mengekstrak senyawa aktif dalam daun sirih menggunakan pelarut n-heksana dan etanol. Identifikasi metabolit sekunder dalam daun sirih dilakukan sesuai prosedur standar untuk skrining fitokimia, sedangkan uji aktivitas antibakteri dilakukan menggunakan metode difusi agar dengan paper disk. Bioautografi dilakukan untuk mengetahui profil metabolit sekunder yang menghambat pertumbuhan bakteri. Sampel yang digunakan adalah kulit pisang ambon kuning yang diperoleh dari pasar tradisional Gowok Analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan metode Micro Conway Diffusi sedangkan Analisis kuantitatifnya. Berdasarkan hasil skrining fitokimia, diketahui bahwa fraksi n-heksana daun sirih mengandung kumarin/antrakuinon dan steroid/terpenoid,sedangkan fraksi etanolnya mengandung senyawa fenol dan kumarin/antrakuinon. Uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa kedua fraksimampu menghambat pertumbuhan bakteri, tetapi fraksi etanol memilki aktivitas antibakteri yanglebih besar.Nilai MIC (Minimum Inhibitory Concentration) ekstrak n-heksana adalah 6,25 mg/mL,sedangkan ekstrak etanol adalah 1,56 mg/mL.

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Uncontrolled Keywords: piper batle Linn; antibakteri; skrining fitokimia; bioautografi; MIC
Subjects: Kimia
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Esti Wahyu Widowati
Date Deposited: 30 Mar 2023 10:28
Last Modified: 30 Mar 2023 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum