PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP KETAHANAN BANK SYARIAH DI INDONESIA MELALUI UJI NPF DAN ROA PADA MASA PANDEMI COVID 19

Tiara Sari, NIM.: 20208012010 (2023) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP KETAHANAN BANK SYARIAH DI INDONESIA MELALUI UJI NPF DAN ROA PADA MASA PANDEMI COVID 19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP KETAHANAN BANK SYARIAH DI INDONESIA MELALUI UJI NPF DAN ROA PADA MASA PANDEMI COVID 19)
20208012010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP KETAHANAN BANK SYARIAH DI INDONESIA MELALUI UJI NPF DAN ROA PADA MASA PANDEMI COVID 19)
20208012010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi dan suku bunga terhadap ketahanan Bank Syariah di Indonesia melalui uji NPF dan ROA pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan Ekonomi, dan Tingkat Inflasi, deflasi dan Tingkat suku bunga. Sedangkan variabel terikat adalah Return on Asset (ROA) dan Risiko Pembiayaan (Non Performing Financing). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Bank Syariah di Indonesia yang telah memenuhi syarat kelengkapan data yang terdapat di situs BI atau OJK. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat Pertumbuhan Ekonomi tidak berpengaruh positif terhadap daya tahan Bank Syariah di Indonesia diukur dari ROA (Return On Asset), (2) Tingkat Inflasi terhadap berpengaruh negatif daya tahan Bank Syariah di Indonesia diukur dari ROA (Return On Asset), (3) Tingkat Suku Bunga berpengaruh nagatif terhadap daya tahan Bank Syariah Indonesia diukur dari ROA (Return On Asset), (4) Tingkat Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh negatif terhadap daya tahan Bank Syariah di Indonesia diukur dari NPF (Non Performing Financing), (5) Tingkat Inflasi tidak berpengaruh positif terhadap daya tahan Bank Syariah di Indonesia diukur dari NPF (Non Performing Financing) dan (6) Tingkat Suku Bunga berpengaruh positif terhadap daya tahan Bank Syariah di Indonesia diukur dari NPF (Non Performing Financing). Bank Syariah di Indonesia diharapkan selalu menganalisis kinerja keuangan pada rasio ROA dengan memperhatikan pergerakan kondisi makroekonomi pada saat membuat pertimbangan dan perencanaan dalam pengambilan keputusan dimasa krisis ekonomi di masa yang akan datang untuk menghadapi guncangan kondisi makroekonomi di Indonesia maupun Internasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing:Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: economic growth; inflation; interest rates; resilience of Indonesian Islamic Banks; NPF Test; ROA
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Mar 2023 09:27
Last Modified: 30 Mar 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum