DETERMINAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada UMKM Nasabah LKMS-BWM Usaha Mandiri Sakinah Yogyakarta)

Heny Hikmawati, S.E, NIM.: 20208012024 (2023) DETERMINAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada UMKM Nasabah LKMS-BWM Usaha Mandiri Sakinah Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada UMKM Nasabah LKMS-BWM Usaha Mandiri Sakinah Yogyakarta))
20208012024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada UMKM Nasabah LKMS-BWM Usaha Mandiri Sakinah Yogyakarta))
20208012024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dalam perekonomian Indonesia. Namun kontribusi besar UMKM terhadap ekonomi nasional belum mencerminkan kinerja terbaik UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel inklusi keuangan syariah, literasi keuangan syariah, dan peran lembaga keuangan mikro terhadap kinerja UMKM di LKMS-BWM Usaha Mandiri Sakinah Yogyakarta, peneliti juga menggunakan kompetensi kewirausahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data primer. Jumlah sampel sebanyak 93 orang pelaku UMKM yang merupakan nasabah BWM Usaha Mandiri Sakinah Yogyakarta. Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0 digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa inklusi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, sedangkan literasi keuangan syariah dan peran lembaga keuangan mikro tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha. Sedangkan melalui kompetensi kewirausahaan, inklusi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, sedangkan literasi keuangan syariah dan peran lembaga keuangan mikro tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua variabel independen secara simultan memiliki pengaruh sebesar 69 persen terhadap kinerja UMKM. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pihak terkait dalam melakukan usaha untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Muhdir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Islamic financial inclusion; Islamic financial literacy; role of microfinance institutions; MSMEs Performance
Subjects: Ekonomi > Mikroekonomi
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Mar 2023 14:23
Last Modified: 30 Mar 2023 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum