Suara Lirih Komunitas Pesantren Merespon Perubahan Iklim: Studi Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Bantul, Asy-Syarifiy Lumajang, dan Pondok Wali Sembilan Tuban

SALEHUDIN, Ahmad (2022) Suara Lirih Komunitas Pesantren Merespon Perubahan Iklim: Studi Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Bantul, Asy-Syarifiy Lumajang, dan Pondok Wali Sembilan Tuban. Project Report. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text
eco pesantren _LAPORAN NARASI_fix.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Banyak agama yang mempromosikan memainkan peran dalam mendukung pelestarian lingkungan (Boyd, 1984; Kinsley, 1994; Palmer dan Finlay, 2003) dan pembangunan berkelanjutan (Taylor 1995; White dan Tiongco, 1997; Belshaw, dkk. 2001). Hanya saja, walau agama diyakini memiliki kekuatan moral dan etika untuk melestarikan lingkungan, dan menopang pembangunan berkelanjutan, tetapi pada kenyataannya kerusakan lingkungan banyak dilakukan oleh orang-orang beragama, sehingga muncul anggapan bahwa agama merupakan sumber dari krisis ekologi. Adanya gap antara idealitas agama pada satu sisi dan prilaku orang-orang beragama terhadap alam pada sisi yang lain mendorong munculnya anggapan bahwa melibatkan agama dalam upanya konservasi tidak selalu mudah, terutama untuk mengimplementasikan nilai-nilai moral dan etika agama ke dalam tindakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Ilmu Hadits
Perbandingan Agama
Lingkungan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Ahmad Salehudin , S.Th.I., MA, Dr.
Date Deposited: 05 Apr 2023 11:37
Last Modified: 05 Apr 2023 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57763

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum