IMPLEMENTASI BASELINE SURVEY DALAM PROSES STRATEGIC PLANNING CSR (STUDI DESKRIPIF KUALITATIF PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK CIREBON)

Khirzan Zainul Abidin, NIM.: 06730019 (2011) IMPLEMENTASI BASELINE SURVEY DALAM PROSES STRATEGIC PLANNING CSR (STUDI DESKRIPIF KUALITATIF PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK CIREBON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BASELINE SURVEY DALAM PROSES STRATEGIC PLANNING CSR (STUDI DESKRIPIF KUALITATIF PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK CIREBON).)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BASELINE SURVEY DALAM PROSES STRATEGIC PLANNING CSR (STUDI DESKRIPIF KUALITATIF PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK CIREBON).)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh Public Relations Officer (PRO) adalah merencanakan program CSR. Sementara perencanaan dengan menggunakan baseline survey adalah salah satu metode assessment yang telah dikenal baik oleh para praktisi CSR. Perencanaan sebagai tahapan awal dalam manajemen CSR berguna memberi landasan kuantitatif dan kualitatif bagi pelaksanaan program CSR selanjutnya. Permasalahannya yaitu baseline survey tersebut sudah dilakukan tetapi belum dimaksimalkan kemanfaatnya dalam proses perencanaan strategis program CSR, oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil rumusan masalah sebagai berikut, bagaimana implementasi baseline survey dalam proses strategic planning CSR Indocement. Penelitian ini berjudul, IMPLEMENTASI BASELINE SURVEY DALAM PROSES STRATEGIC PLANNING CSR (Studi Deskripif Kualitatif Pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Cirebon). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Strategic planning menurut Bryson, yaitu sebuah konsep yang menggambarkan proses perencanaan yang terdiri atas 1) Awal persetujuan, 2) Tugas dan Visi Misi Perusahaan, 3) Lingkungan Internal dan Eksternal, 4) Isu strategis, 5) Strategi yang diambil, 6) Visi sukses, 7) Tindakan, dan 8) Hasil. Penulis mengharapkan dengan adanya gambaran dari hasil analisis tersebut dapat dimanfaatkan oleh Indocement dalam merencanakan program CSR yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Metode penulisan yang pakai adalah deskriptif kualitatif, sementara untuk pengambilan datanya penulis menggunakan observasi dan wawancara sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data sekunder, sedangkan metode keabsahan datanya menggunkan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menggambarkan, perencanaan program CSR di Indocement sudah menggunakan baseline survey sebagai acuannya tetapi belum pada taraf perencanaan strategis yang sesuai dengan konsep Bryson, sebenarnya konsep perencanaan strategis bisa di terapkan melalui SOP yang sudah ada kemudian perlu adanya konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan program CSR yang dibentuk melalui Bilikom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Siantari Rihartono, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Corporate Social Responsibility, Baseline Survey Dalam Proses Strategic Planning
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Apr 2023 10:20
Last Modified: 12 Apr 2023 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum