PENGARUH TINGKAT KEMISKINAN, PENGANGGURAN, ZAKAT, PENGELUARAN PEMERINTAH, TERHADAP ISLAMIC HUMAN DEVELOPMENT INDEX (I-HDI)

Muhammad As’ad Hatba, NIM.: 20208012028 (2023) PENGARUH TINGKAT KEMISKINAN, PENGANGGURAN, ZAKAT, PENGELUARAN PEMERINTAH, TERHADAP ISLAMIC HUMAN DEVELOPMENT INDEX (I-HDI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT KEMISKINAN, PENGANGGURAN, ZAKAT, PENGELUARAN PEMERINTAH, TERHADAP ISLAMIC HUMAN DEVELOPMENT INDEX (I-HDI))
20208012028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT KEMISKINAN, PENGANGGURAN, ZAKAT, PENGELUARAN PEMERINTAH, TERHADAP ISLAMIC HUMAN DEVELOPMENT INDEX (I-HDI))
20208012028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan manusia yang diusulkan oleh United Nation Development Programme perlu dilakukan evaluasi jika ingin dijadikan sebagai indikator pembangunan manusia di negara yang mayoritas beragama Islam, seperti Indonesia. Islamic human development index (I-HDI) merupakan alternatif pengukuran indeks pembangunan manusia yang paling relevan karena berdasarkan perspektif agama dan etika pembangunan sosial ekonomi. I-HDI menggunakan dimensi maqashid syariah yang terdiri dari agama (din), jiwa (nafs), akal (aql), keluarga (nasl), dan harta (mal). I-HDI sebagai acuan dasar, peneliti mencoba untuk mengkaji faktor-faktor penentunya, seperi tingkat kemiskinan, pengangguran, zakat, dan pengeluaran pemerintah. Model estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generalized method of moments (GMM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan angka kemiskinan dan pengangguran dapat memberikan hasil positif bagi indeks pembangunan manusia Islam di Indonesia. Selain itu, pendistribusian zakat yang dilakukan oleh lembaga zakat dapat memberdayakan masyarakat dari sektor pendidikan, kesehatan, dan juga ekonomi. Pengeluaran pemerintah pada bidang pemberdayaan masyarakat juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sunaryati, S.E,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Islamic human development index; poverty; unemployment; zakat; government spending
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Apr 2023 10:01
Last Modified: 12 Apr 2023 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum