PENGARUH COGNITIVE BIAS TERHADAP PERILAKU INVESTOR RITEL PADA PASAR SAHAM SYARIAH DENGAN VARIABEL FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Budi Prihastoro, NIM.: 20208012012 (2023) PENGARUH COGNITIVE BIAS TERHADAP PERILAKU INVESTOR RITEL PADA PASAR SAHAM SYARIAH DENGAN VARIABEL FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH COGNITIVE BIAS TERHADAP PERILAKU INVESTOR RITEL PADA PASAR SAHAM SYARIAH DENGAN VARIABEL FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
20208012012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH COGNITIVE BIAS TERHADAP PERILAKU INVESTOR RITEL PADA PASAR SAHAM SYARIAH DENGAN VARIABEL FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
20208012012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku keuangam merupakan salah satu dispilin ilmu ekonomi yang menggabungkan antara keuangan, psikologis dan sosiologis. Dalam pendekatan perilaku keuangan, salah satunya dengan pendekatan psikologis yang menjadikan manusia mengalami kesalahan dalam mengambil keputusan karena didasari oleh preferensi yang dimiliki setiap manusia berbeda. Perilaku keungan memiliki fungsi untuk mengatur keuangan menjadi lebih baik sehingga dapat mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kognitif bias terhadap investor di pasar modal syariah. Peneliti menambahkan variabel fear of missing out atau FOMO sebagai variabel mediasi pada penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 250 responden dengan teknik kuesioner yang disebarkan kepada investor pasar modal syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisa data dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) yang dibantu oleh software analisis SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel anchoring bias berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investor ritel pasar saham syariah. Sedangkan variabel loss aversion, herding behavior dan mental accounting berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan investor ritel pasar saham syariah. Pada variabel anchoring bias, loss aversion, herding behavior dan mental accounting tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investor ritel pasar saham syariah melalui fear of missing out. Dari hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran bagi investor mengenai potensi yang dapat meningkatkan keputusan dalam berinvestasi terutama dalam investasi ritel pasar saham syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Jeihan Ali Azhar, S.Si., M.E.I
Uncontrolled Keywords: anchoring bias; loss aversion; herding behavior; mental accounting; investment decision; Islamic capital market
Subjects: Bisnis Syari'ah
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Apr 2023 10:21
Last Modified: 12 Apr 2023 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum