PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009

Siti Nasriah, NIM.: 03390573 (2010) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan merupakan media yang dapat dipakai untuk melihat keberhasilan operasi perusahaan pada suatu periode tertentu. Tingkat keberhasilan suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnya karena ingin mengetahui tingkat profitabilitas (keuntungan) dan tingkat rasio atau tingkat kesehatan suatu perusahaan. Hasil laporan keuangan akan membantu menginterpretasikan berbagai hubungan dan kecenderungan yang dapat memberikan dasar pertimbangan mengenai potensi keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO) dan Operating Profit Margin (OPM) berpengaruh terhadap laba perusahaan yang diproksikan dengan Profit Before Taxes pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2006-2009. Jumlah sampel dalam penelitian ini 44 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis). Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang dipublikasikan Jakarta Islamic Index khususnya Indonesian capital market directory (ICMD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Current Ratio, Total Asset Turnover dan Operating Profit Margin berpengaruh positif signifikan terhadap laba perusahaan, sedangkan secara parsial variabel Current Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap laba, dengan koefisien regresi - 0,158, Total Asset Turnover berpengaruh positif tidak signifikan terhadap laba, dengan koefisien regresi 0,793 dan Operating Profit Margin berpengaruh positif signifikan terhadap laba dengan koefisien regresi 3,598. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,350 hal ini berarti bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 35% sedangkan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model analisis regresi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Slamet Haryono, Se, M.Si, Aktdan Joko Setyono, Se, M.Si
Uncontrolled Keywords: Laba Perusahaan (Profit Before Taxes), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO), Operating Profit Margin (OPM).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Apr 2023 13:47
Last Modified: 12 Apr 2023 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum