PENGARUH PEMBERIAN PEMBIAYAAN BMT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA NASABAH BMT SUNAN KALIJAGA

Agus Fauzin, NIM.: 04390041 (2011) PENGARUH PEMBERIAN PEMBIAYAAN BMT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA NASABAH BMT SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN PEMBIAYAAN BMT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA NASABAH BMT SUNAN KALIJAGA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN PEMBIAYAAN BMT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA NASABAH BMT SUNAN KALIJAGA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kinerja Para pedagang kecil, sebagai salah satu bagian dari masyarakat golongan ekonomi lemah perlu mendapatkan bantuan terutama dalam hal tersedianya modal yang cukup untuk berusaha. Untuk itulah peran bank-bank Islam seperti BMT maupun koperasi yang berdasar syariat Islam mengembangkan pemikiran untuk memberikan kredit tanpa jaminan, karena BMT (Baitul Maal Waat tamwil) sebagai salah satu lembaga keuangan Islam dalam operasionalnya juga tidak menggunakan sistem bunga seperti yang lain dilakukan bank konvensional, BMT menerapkan sistem bagi hasil bagi para nasabahnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Pengaruh pembiayaan terhadap kinerja nasabah yang meliputi perubahan modal usaha nasabah, perubahan peningkatan laba, peubahan omset dan asset, perubahan return on equity (ROE). Oleh karena itu, penelitian ini penyusun menggunakan pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan penelitian langsung terhadap para nasabah pembiayaan Murobbahah di BMT Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian disimpulkan bawa dalam perkembangan isu keuangan mikro di Indonesia, BMT mempunyai peluang untuk tumbuh menjadi lembaga keuangan mikro alternative terutama untuk meningkatkan akses pengusaha kecil dan mikro terhadap sumber modal. Peranan itu cukup besar artinya bagi pengusaha kecil dan mikro yang selama ini tidak dapat mengakses lembaga perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si dan Mansur, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan BMT (Baitul Maal Waat Tamwil), Perubahan Modal Usaha Nasabah, Perubahan Peningkatan Laba, Peubahan Omset Dan Asset, Perubaha Return On Equity, Kinerja Nasabah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Apr 2023 12:33
Last Modified: 15 Aug 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum