ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, INDUSTRI DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP BETA SAHAM SYARIAH DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

Aqib Fatah Abdi, NIM.: 04390133 (2011) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, INDUSTRI DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP BETA SAHAM SYARIAH DI JAKARTA ISLAMIC INDEX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, INDUSTRI DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP BETA SAHAM SYARIAH DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, INDUSTRI DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP BETA SAHAM SYARIAH DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh variabel karakteristik perusahaan, industry dan ekonomi makro terhadap beta saham syariah di Jakarta Islamic Index. Saham yang diteliti adalah saham- saham yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) secara konsisten masuk minimal tiga kali selama tahun 2006 sampai 2008. Variabel yang digunakan adalah variabel karakteristik perusahaan yang mencakup return on asset, leverage, assets growth, industri yang mencakup jenis dan ukuran perusahaan, dan ekonomi makro yang mencakup kurs. Data penelitian ini adalah data sekunder dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD), Arsip Bank Indonesia dan website Bank Indonesia serta diolah dengan model regresi linear berganda menggunakan program SPSS for Windows 17. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap beta saham syariah adalah leverage dengan signifikan t sebesar 0,01<0,1, assets growth dengan signifikan t sebesar 0,07<0,1 dan ukuran perusahaan dengan signifikan t sebesar 0,013<0,1. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham syariah adalah variabel return on asset (ROA) dengan signifikan t sebesar 0,235>0,1, jenis perusahaan dengan signifikan t sebesar 0,4>0,1, kurs dengan signifikan t sebesar 0,464>0,1. Sedangkan sig. F sebesar 0.027<0.10, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelima variabel secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap risiko sistimatik (beta) saham syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Qizam, SE, M.Si., Akt. dan Joko Setyono, SE, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Return on Assets, Leverage, Assets Growth, Jenis Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Kurs, Beta
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Apr 2023 14:29
Last Modified: 13 Apr 2023 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum