ANALISIS PENGARUH SHARIA COMPLIANCE TERHADAP KINERJA MAQASHID SYARIAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Zhalsa Nabila, NIM.: 19108040071 (2023) ANALISIS PENGARUH SHARIA COMPLIANCE TERHADAP KINERJA MAQASHID SYARIAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH SHARIA COMPLIANCE TERHADAP KINERJA MAQASHID SYARIAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
19108040071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH SHARIA COMPLIANCE TERHADAP KINERJA MAQASHID SYARIAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
19108040071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ekplanasi yaitu menjelaskan hubungan sebab akibat dari pengaruh Sharia Compliance terhadap Kinerja Maqashid Syariah pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis regresi data panel yang menguji asumsi klasik, uji F dan uji T dengan tingkat signifikansi 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling serta menggunakan data sekunder dari 9 Laporan Keuangan Semesteran Bank Umum Syariah periode 2015-2020 sehingga diperoleh 108 data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Sharia Compliance berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Maqashid Syariah, yang artinya semakin tinggi tingkat Sharia Compliance maka akan semakin tinggi pula tingkat Kinerja Maqashid Syariah. Jika secara parsial variabel yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Maqashid Syariah Index adalah Profit Sharing Ratio dan Islamic Income Ratio yang artinya Bank Umum Syariah telah melaksanakan kepatuhan syariah dengan baik, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap Maqashid Syariah Index adalah Zakat Performance Ratio dan Islamic Investment ratio hal ini dapat terjadi dikarenakan penyaluran zakat masih rendah serta dalam berinvestasi masih terdapat kegiatan non halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hasan Al Banna, SEI., M.E.
Uncontrolled Keywords: zakat performance ratio; profit sharing ratio; Islamic income ratio; Islamic investment ratio; maqashid syariah index
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Bank dan Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Apr 2023 14:38
Last Modified: 14 Apr 2023 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum