ANALISIS PENGARUH SWBI, JUMLAH UANG BEREDAR, INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2008 - 2010

Muhammad Yazid, NIM.: 05390085 (2011) ANALISIS PENGARUH SWBI, JUMLAH UANG BEREDAR, INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2008 - 2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH SWBI, JUMLAH UANG BEREDAR, INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2008 - 2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH SWBI, JUMLAH UANG BEREDAR, INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2008 - 2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Investasi di reksadana saham syariah investor harus memperhatikan halhal yang mempengaruhinya. Di antara faktor-faktor itu adalah SWBI, jumlah uang beredar, inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap dollar. Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat bagi hasil Simpanan Wadi’ah Bank Indonesia (SWBI), jumlah uang beredar, inflasi dan nilai tukar rupiah mempengaruhi kinerja reksadana saham syariah di Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini 3 perusahaan reksadana saham syariah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Data yang diperoleh dari laporan keuangan bulanan Bank Indonesia dan BAPEPAM. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa SWBI tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap NAB reksadana saham syariah yang ditunjukkan nilai signifikansi lebih besar dari pada derajat kepercayaan 5% (0,05) yaitu 0.143>0,05. Jumlah uang beredar tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap NAB reksadana saham syariah yang ditunjukkan nilai signifikansi lebih besar dari pada derajat kepercayaan 5% (0,05) yaitu 0.741>0,05. Inflasi berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja (NAB) reksadana saham syariah yang ditunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari pada derajat kepercayaan 5% (0,05) yaitu 0.037<0,05. Nilai tukar rupiah tidak berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja (NAB) reksadana saham syariah yang ditunjukkan nilai koefisien beta bernilai negatif. Hasil pengujian secara serempak menunjukkan bahwa SWBI, jumlah uang beredar, inflasi dan nilai tukar rupiah terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja (NAB) reksadana saham syariah yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0.000 dan Fhitung sebesar 32.984. Dari hasil uji tersebut, nilai sig. uji F berada di bawah nilai alpha 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh signifikan kinerja (NAB) reksadana saham syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Qizam, SE., M,Si., Akt dan M. Ghafur Wibowo, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Simpanan Wadi’ah Bank Indonesia (SWBI), Jumlah Uang Beredar, Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, NAB Reksadana Saham Syariah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Apr 2023 14:42
Last Modified: 14 Apr 2023 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum