PENGARUH PENGUNDURAN DIRI MENTERI KEUANGAN DARI KABINET INDONESIA BERSATU II TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)

Afni Rohmah, NIM.: 05390087 (2011) PENGARUH PENGUNDURAN DIRI MENTERI KEUANGAN DARI KABINET INDONESIA BERSATU II TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUNDURAN DIRI MENTERI KEUANGAN DARI KABINET INDONESIA BERSATU II TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUNDURAN DIRI MENTERI KEUANGAN DARI KABINET INDONESIA BERSATU II TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan bisnis di Negara berkembang sering mengalami perubahan yang mendadak, hal itu pula yang terjadi di Indonesia. Perekonomian di Indonesia mengalami perubahan yang cukup mencolok ketika terjadi pengumuman pengunduran diri menteri keuangan dari kabinet Indonesia Bersatu II. Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati yang selama menjabat dapat diterima investor, baik dalam maupun luar negeri karena dianggap sebagai peletak dasar dari reformis birokrasi. Sri Mulyani dianggap sebagai ikon pelaksanaan reformis di Indonesia. Penelitian ini berusaha melakukan pengujian efisiensi pasar bentuk setengah kuat melalui informasi dari suatu peristiwa yakni dengan menganalisis pengaruh pengumuman pengunduran diri menteri keuangan dari kabinet Indonesia Bersatu II pada tanggal 5 Mei 2010 terhadap pergerakan saham yakni abnormal return saham dan Trading Volume Activity. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan informasi dalam pengumuman pengunduran diri menteri keuangan dari kabinet Indonesia Bersatu II. Penelitian ini menggunakan pendekatan event study dengan melihat abnormal return dan tingkat volume perdagangan saham selama periode peristiwa. Penghitungan expected return saham menggunakan market-adjusted model. Periode pengamatan dalam penelitian ini selama 11 hari bursa, periode penelitian ini diasumsikan paling tepat dikarenakan supaya tidak dipengaruhi oleh peristiwa lain. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t untuk pengujian dua sisi. Untuk mencari ada tidaknya abnormal return dan TVA yang signifikan didasarkan pada perbandingan nilai t-hitung dengan t-tabel. Berdasarkan t-tabel signifikansi pada tingkat 5% dengan degrees of freedom (n-1) yaitu 30-1=29. Dari hasil pengujian untuk abnormal return dan volume perdagangan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pada abnormal return dan TVA sebelum dan sesudah pengumuman. Selama periode pengamatan selama 11 hari menunjukkan pada hari ke 2 dan ke 3 setelah peristiwa menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Sedangkan pada TVA menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan selama periode penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Ibnu Qizam,SE.,M.Si dan Joko Setyono, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Event study, Abnormal Return, Trading Volume Activity, Market- Adjusted Model
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Apr 2023 14:44
Last Modified: 14 Apr 2023 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum